Breaking News
Loading...

Laki-Laki Muslim Dilarang Memakai Pakaian Sutera/Sutra dan Emas

Islam mengajarkan kita untuk tidak memakai pakaian maupun perhiasan yang terbuat dari emas dan juga sutera dengan berbagai alasan apapun untuk kaum pria kecuali untuk tujuan kesehatan yang mendesak. Salah satu alasan penyebab mungkin adalah untuk membuat kita tampil sederhana terhindar dari sifat pamer kepada manusia lain serta terhindar dari tindak krimminal atas kita. Larangan ini terdapat dalam hadist-hadist shahih.
Arti Hadist Shohih HR. Ahmad :
"Barangsiapa yang memakai sutera di dunia, maka dia tidak akan memakainya di akhirat".
Arti Hadist HR. Turmudzi :
"Diharamkan memakai pakaian sutera dan emas atas laki-laki dari umatku".
Arti Hadist HR. Bukhari :
"Rasulullah SAW melarang kami minum pada bejana emas dan perak, maupun makan pada kedua bejana itu. Begitu pula memakai sutera, atau pun duduk di atasnya".
Selain untuk hiasan dan pakaian, emas dan perak juga dilarang untuk digunakan sebagai alat makan dan minum seperti bejana. Duduk di atas kain sutra pun juga menjadi larangan Nabi Muhanmmad SAW. Orang yang menghalalkan memakai pakaian sutera termasuk ke dalam golongan orang-orang kafir.
Oleh karena itu sebaiknya kita tetap teguh pendirian untuk selalu menjauhi semua larangan-laranganNya dan menjalankan semua perintah-perintahNya walaupun bertentangan dengan akal pikiran dan logika kita. Kita sebagai manusia makhluk ciptaan Allah SWT harus selalu patuh, tunduk, dan taat kepadaNya apapun yang terjadi dan apapun resikonya.

1 Komentar:

Berkomentarlah dengan kata-kata yang Sopan dan Santun. (o)
Hargai orang lain jika ingin di hargai. :>)
Tunjukan jika anda orang yang taat peraturan @-)

 
Toggle Footer